Resep Bolu Kukus Mekar


Ya Allah sudah berapa lama ya nggak nulis di blog ckckck.. Tahun 2018 ini aja belum ada tulisan. MasyaAllah sudah begitu banyak hal-hal terjadi namun belum tertuliskan. Semoga saja bisa lebih konsisten lagi untuk nulis. 

Sekarang yang mudah dulu saja yaa.. Resep bolu kukus mekar semerekah senyumnya *eh

Ini resep andalan bageeet masyaAllah. Resepnya mba Tiya Rahmatiya di Instagramnya. Terima kasih banyak yaa mba Tiya 🌹

Alhamdulillah selama buat bolu ini nggak pernah gagal kecuali sekali, sepertinya pas timbangan rusak jadi kira-kira aja takarannya. Hasilnya nggak mekar, jadi seperti bolu karakter. Tapi ku coba tambah air lagi adonannya untuk ngukus yang selanjutnya, alhamdulillah mekar lagi! Berarti kalau gagal nggak mekar, bisa jadi adonannya terlalu kental.

Nah, mumpung hari rabu lalu buat bolu kukus banyak, jadi semangat untuk posting di blog hehe.. Ini untuk acara festival budaya antar bangsa yang diadakan oleh Universitas Islam Madinah tiap tahun sekali. Dulu pernah ku posting (festival ke empat & lima). Sekarang yang ke 7. Belum nulis tentang yang ke 6 hihihi.. Terlalu berkesan sih yang ke-6, mau cerita takut baper hahaha.. semoga saja kapan" sempat  dan nggak pakai baper aamiin..

Jadi, ini dia resep Bolu Kukus Mekarnya..

Bolu Kulus Mekar
Sumber : Tiya Rahmatiya

Bahan :
🔹2 Telur
🔹1 sdt SP (aku pakai ovalet)
🔹250 gram gula halus
🔹300 gr terigu
🔹3 sdm susu bubuk
🔹220 ml susu cair/air
🔹1/2 sdt baking powder

Cara Membuat :
🔹Kocok telur + gula sampai agak kental + SP kocok sampai kental 
🔹Masukkan terigu + susu bubuk + baking powder bergantian dengan susu cair, kocok sampai rata
🔹Bagi adonan sesuai selera, beri warna
🔹Tuang ke cetakan bolu kukus yang sudah diberi paper cup selang seling warnanya sesuai selera
🔹Kukus selama 15 menit

 ***

Untuk pemula sepertiku, aku bingung kekentalan gula+telur+SP itu seberapa? Hahaha.. untuk tahap ini, aku mixer aja sampai kental banget susah gerak lagi adonannya.

Untuk acara mahrojan kali ini, aku menggunakan cetakan bolkus besar dan kecil, karena yang besar untuk dipajang dan kecil untuk dibagikan ke pengunjung. Cetakan besar muat 7 biji di pengukusanku. Panci kukus yang kupakai hanya menggunakan panci rice cooker yang ada untuk ngukusnya hehehe.. Tutupnya pakai tutup panci lain yang seukuran.

Untuk cetakan yang kecil, muat 10 biji. 


Alhamdulillah ngembang semua dengan jumlah itu, karena tipsnya jangan kepenuhan kue yang akan dikukus dan diberi jarak antara cetakan 1 dengan yang lainnya agar ngembang.

Hasilnya 2 kali ngukus dengan cetakan bolkus besar (jadi 14 biji bolkus besar) dan 3 kali ngukus dengan cetakan bolkus kecil. (Jadi 30 bolkus kecil)


Oh iya! Tutup kukusan lapisi dengan kain yaaa.. Agar uapnya meresap ke kain, nggak jatuh ke bolkus mekar merekah kita nanti.

Target selanjutnya, pengen buat bolkus semangka hihihi.. semoga kesampaian. Dulu pernah nyoba tapi gagal.. Mekar sih, cuma mekarnya nggak sampai kelihatan warna merah semangkanya, cuma hijau putih aja kalau nggak salah.. mungkin lapisan hijau putihnya terlalu tebal. Semoga kalau buat lagi nanti berhasil aamiin..

Semoga bermanfaat 🌹

0 Orang Komen:

Posting Komentar

Thank you for your comment! Terima kasih sudah membaca dan juga komentarnya yang meramaikan blog ini 😊 (Yang belum punya akun blog, bisa pilih 'anonim' untuk berkomentar dan jangan lupa sertakan nama ya 💐