Adab Menguap

بسم الله الرحمن الرحيم

Hoaammm... Ngantuk.. kalau ngantuk biasanya nguap... tadi habis baca artikel tentang adab menguap. Jadi, buat kalian yang suka nguap *termasuk saya*, Iqro' Adab2 Menguap ini!

1. Apabila sesorang akan menguap, maka hendaknya menahan semampunya dengan jalan menahan mulutnya serta mempertahankannya agar dan jangan sampai terbuka, hal ini berdasarkan sabda Rasulullah:

"Kuapan (menguap) itu datangnya dari syaitan. Jika salah seorang di antara kalian ada yang menguap, maka hendaklah ia menahan semampunya" (HR. Al-Bukhari no.6226 & Muslim no. 2944)

Apabila tidak mampu menahan, maka tutuplah mulutnya dengan meletakan tangannya pada mulutnya, hal ini berdasarkan sabda Rasulullah:

"Apabila salah seorang di antara kalian menguap maka hendaklah menutup mulut dengan tangannya karena syaitan akan masuk (kedalam mulut yang terbuka)" (HR. Muslim no. 2995 (57) & Abu Dawud no. 5026)

2. Tidak disyariatkan untuk meminta perlindungan dari syaitan kepada Allah ketika menguap, karena hal tersebut tidak ada contohnya dari Rasulullah, tidak pula dari sahabatnya.

Itu dia Adab" menguap. Astaghfirullaah,, nulis artikel ini sulit! dari tadi mau nguap terus! ckckckckkk... *Tahaannn*
Semoga Bermanfaat.. =)
Wallahu'alam..
Wassalam..

2 Orang Komen:

  1. Waduh... Ana baru tahu kalau menguap kalau bisa ditahan. Ana malah lebih suka lebar-lebar, hahaha
    Yuk! Musti ditahan nguapnya

    Syukran, nas artikelnya

    BalasHapus
  2. HEhehehee... Sama yun.. kalau dah lebar2 legaaaa.. hehehe..

    AFwan... =)

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan juga komentarnya yang meramaikan blog ini 😊 (Yang belum punya akun blog, bisa pilih 'anonim' untuk berkomentar dan jangan lupa sertakan nama ya 💐