ilMu adalah hal yang Paling Mulia

~ Bismillahirrahmanirrahim ~

Barusan saja aku nganterin sepupuku ke dokter... kakinya lecet... huuuu... sereeemm... besar lagi..! gara-gara... RaHaSia! sebelum ke dokter aku udah kasi betadin.. cuma terlalu perih katanya. makanya ke dokter. Terpaksa kamipun ke dokter yang deket-deket rumah. Saat di periksa, Mmm.. bener dugaanku kalau itu lecet *plajaran PMR!*. cuma agak bengkak. akhirnya di kasi betadin sama antibiotik oleh dokter tersebut. Bayarnya 50.000! ckckckckckk... padahal kalau di PMR luka lecet *luka terbuka* luka yang nggak terlalu parah-parah banget. ya walaupun itu memang besar. akhirnya terjadilah percakapanku dengan ibuku.
"kok bayarnya mahal sih? padahal kan cuma lecet??"
"loo.. dia kan sekolahnya mahal, ilmunya mahal, makanya mahal.."
itu kurang lebih percakapanku dengan sang ibu..

setelah ku renungi, aku menjadi ingat kisah Ali bin Abu Thalib yang saat dia ditawarkan manakah yang paling mulia, harta atau ilmu. Dan beliau pun menjawab ilmu adalah hal yang paling mulia. Mengapa?

~ Ilmu lebih mulia daripada harta, karena ilmulah yang menjaga dan memelihara pemiliknya, sedangkan harta yang empunyalah yang memelihara dan menjaganya
~ Ilmu lebih mulia daripada harta, karena ilmu bila disebarkan atau diajarkan akan bertambah sedangkan harta kalau diberikan kepada orang lain akan berkurang
~ Ilmu lebih mulia daripada harta, karena ilmu tidak dapat dicuri, sedangkan harta benda mudah dicuri dan dapat lenyap
~ Ilmu lebih mulia daripada harta, karena ilmu tidak bisa binasa, sedangkan harta kekayaan dapat lenyap dan habis karena masa dan usia
~ Ilmu lebih mulia daripada harta, karena ilmu tidak ada batasnya, sedangkan harta benda ada batasnya dan dapat dihitung jumlahnya
~ Ilmu lebih mulia daripada harta, karena ilmu memberi dan memancarkan sinar kebaikan, menjernihkan pikiran dan hati serta menenangkan jiwa, sedangkan harta kekayaan pada umumnya dapat menggelapkan jiwa dan hati pemiliknya
~ Ilmu lebih mulia daripada harta, karena orang yang berilmu mencintai kebajikan dan sebutannya mulia seperti si ‘Alim, dan sebutan mulia lainnya. Sedangkan, orang yang berharta bisa melarat dan lebih cenderung kepada sifat-sifat kikir dan bakhil
~ Ilmu lebih mulia dan lebih utama daripada harta kekayaan, karena orang yang berilmu lebih mendorong untuk mencintai Allah. Sedangkan harta benda dapat membangkitkan rasa sombong, congkak dan takabur

:) Betapa mulianya ilmu. Betapa mahalnlya ilmu. Semoga kita dapat memanfaatkan ilmu kita dengan sebaik-baiknya dan semoga kita dapat menjadi orang yang pandai bersyukur.. amin.. .

0 Orang Komen:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca dan juga komentarnya yang meramaikan blog ini 😊 (Yang belum punya akun blog, bisa pilih 'anonim' untuk berkomentar dan jangan lupa sertakan nama ya 💐