Download I’rab Al-Qur'an & Matan Al-Ajrumiyyah

بسم الله الرحمن الرحيم

Terimakasih banyak kepada Irila's for sharing :D

Format PDF :


Silakan mendownload file in syaa Allah lengkap,
-إِعراب القرآن الكريم و بيانه-
-I’rob Alqur’an AlKariim  wa Bayaanuhu-
Isinya sekitar 11 file format .pdf yang masing masingnya berisi sekitar 500 an halaman. Ukuran file sekitar 93.5 MB.
Silakan ikuti link berikut :
Sedikit catatan, sesekali dikalangan para ulama terjadi perbedaan pendapat dalam mengi’rob al qur’an; tidak mutlaq satu saja; yang satu bilang ‘Haal‘ yang lain bilang ‘tamyiz‘ masing masing punya alasan karena mereka adalah orang orang Alloh beri kelebihan ilmu tentang bahasa arab, dan kita mesti menghormatinya.  Allahu a’lam
Semoga bermanfaat.

Ada juga yang format CHM :





Referensi I’rab Al Qur’an yang lain dari yang sebelumnya :

مشكل إعراب القرآن

أ.د. أحمد بن محمد الخراط

Silakan download disini
Semoga bermanfaat
***
Jazaakillah khair Irila's!! :D
Walau nggak begitu ngerti i'robnya [pelajaranku masih begitu jauuuhh], setidaknya bisa dikit-dikitlah. [kasian banget sih]


Oh ya, Sebelumnya, kita perkenalkan dulu tentang Mas I'rob! :D


Dalam matan Al-Ajrumiyyah yang sangat terkenal, I'rob yaitu :

باب الإعراب :
الإعراب هو تغيير أواخر الكلم لاختلاف العوامل الداخلة عليها لفظا أو تقديرا و أقسامه أربعة : رفع و نصب و خفض و جزم




Bab Al I’rab :
I’rab itu adalah berubahnya akhir-akhir kalimat karena perbedaan amil-amil yang masuk
atasnya baik secara lafadz atau taqdir. Bagian i’rab itu ada empat, yaitu rafa’, nashab,
khofadh atau jar, dan jazm.




Untuk pelajar pemula, memang sulit memahami maksud dari arti I'rob diatas. Dan sebelum belajar I'rob, kita harus belajar tentang Kalaam. Jadi, kalau mau belajar I'rob tanpa di dahului belajar Kalaam, agak repot nih. hehe,,


Intinya, [menurut pemahamanku], I'rob itu kita menjelaskan harokat akhir dari sebuah kata, mengapa ia berharokat fathah, dhammah, kasroh, dan sukun [walau masih banyak lagi tanda-tanda perubahan pada kata selain keEmpat tanda ini].


Contohnya,
Pada Isim (اسم) [Kata Benda/Noun] : Madrosah [مدرسة] yang artinya Sekolah. Bisa menjadi Madrosatun, Madrosata, Madrosati.


Perubahan ini juga bisa terjadi pada Fi'il (فعل) [Kata Kerja/Verb]. Misalnya :
Dzahaba [ذهب] yang di pakai untuk masa lampau [Past Tense / الفعل الماضي] berharokat fathah. Artinya : Dia [untuk laki-laki] sudah pergi.
Yadzhabu [يذهب] yang di pakai untuk masa sekarang dan akan datang [Present Tense & Future Tense / الفعل المضارع] berharokat dhammah. Artinya : Dia [laki-laki] sedang pergi.
Idzhab [اذب!] yang di pakai untuk memerintahkan [Imperative / فعل الامر] berharokat sukun. Artinya : Pergilah! [untuk kamu laki-laki]


Dari kata kerja diatas, semua dapat berubah lagi jika Dhomir [ضمير] / Subjeknya diganti. Contoh diatas subjeknya untuk Dia dan Kamu untuk laki-laki. Kalau kita mau ganti untuk Kamu [perempuan] ? Tentu saja harokat akhir [tidak hanya harokat] akan berubah semua. Dan itulah yang kita jelaskan, 'Mengapa ia berubah menjadi begini dan begitu?'. Itulah namanya 'MengI'rob kalimat' :D


Dalam mengI'rob sebuah kalimat, kita juga menjelaskan, mana yang merupakan Subjek, Predikat, Objek, Keterangan Tempat/Waktu, dan lain-lain. Sama seperti bahasa Indonesia kan? Ingat tidak saat SD di pelajaran bahasa Indoneisa, kita menentukan mana S, P, O, K ??? Jadi kurang lebih begitulah I'rob. :D


Bagi yang Mau Mendownload Matan Al-Ajrumiyyah, [Bahasa Arab], dapat di download disini.
Ada juga penjelasannya dalam Bahasa Inggris, kalau mau coba, silahkan download disini. [kalau aku sih, nggak ngerti artinya. Hwehehe..]
Untuk Terjemahan Al-Ajrumiyyah [Bahasa Indonesia] bisa di download disini.


Juga ada Syarah At Tuhfatu As Saniyyah, yaitu penjelasan dari matan Al-Ajrumiyyah. Jika berminat, bisa di download disini . Ini buku Nahwuku di sekolah lho! Tetapi itu versi bahasa Arabnya, kalau mau terjemahannya, sekarang sudah ada di jual di toko buku terdekat :D Hehehe,, Bagus lo bukunya! InsyaAllah jelas deh!


Seperti kataku diatas tadi, kalian akan bertemu dengan I'rob di pelajaran Nahwu. Nahwu? Apa lagi itu?? Waah,, InsyaAllah di kesempatan berikutnya akan ku jelaskan [kayak guru aja..].


Kalau ada kesalahan, tolong di beritahu ya! Karena aku termasuk pelajar pemula dalam bidang ini.


Terimakasih untuk semua pihak. Dan tentunya kepada kalian juga ;)


Semoga bermanfaat ! :)

0 Orang Komen:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca dan juga komentarnya yang meramaikan blog ini 😊 (Yang belum punya akun blog, bisa pilih 'anonim' untuk berkomentar dan jangan lupa sertakan nama ya 💐