Buku Bulughul Maram dan Riyadhus Shalihin

بسم الله الرحمن الرحيم


Hai semuaaa! Kaifa haalukum??
Ane lagi seneng nih. Hahahaha...


Hari ini, dibagiin buku Bulughul Maraam dan buku Riyadhus Shalihin. Buku apa tuh? Ah,, Siapa sih yang nggak tau buku itu. Hehehe,, Walaupun aku juga nggak terlalu tau dengan detail tentang 2 buku tersebut, setidaknya aku sering melihat buku itu dulu. Dan sekarang aku memegangnya! Memilikinya! [Walau belum bayar]. Senangnyaaaaaa.....


Jadi nih, di sekolah ada kajian rutin habis shalat maghrib dan isya [ada hari tertentu]. Ustadz membahas tentang 2 buku tadi. Tapi karena kita belum ada yang punya, jadi belum membahas tentang isi buku tersebut. Walhasil, akhirnya datang juga bukunya :D


Sayangnya, aku nggak mondok. Huhuhu.. Semoga aja bisa terus dateng ke ma'had [pondok].


Eh? Kalian heran ya kenapa aku kegirangan gini? Hahaa..
Gini nih,,
Bukunya itu baguuuuuuuuusss masyaAllah bagus!!
Mau liat?
Nih,, jangan disebarin ke orang-orang ya! :P





Bagus kan??
Ane jadi semangat nih belajarnya!!


Terus, Full bahasa Arab pula!. Untungnya nggak gundul. [Hehe,, gundul = tulisan bahasa arab yang nggak ada harokatnya]. Mempunyai buku itu serasa bener-bener anak pondok. Wkwk [Jangan salah, menjadi anak pondok ada kebanggaan tersendiri loo!]. Terus, Serasa bener-bener orang arab. [Aneh ya? haha..]. Pokoknya gitu deh. Unspeakable gitu loh.. :P


Bulughul Maram


Kitab ini adalah karya Imam Ibn Hajar Al Asqalani.


"Kitab Bulugh Al-Maraam termasuk karya ilmiah terbaik dan terpenting dalam penyusuan dan pengumpulan hadit-hadits ahkam yang ringkas. Memuat sekitar 1520 hadits dan ada yang menyebut jumlahnya 1596 hadits yang menjadi sandaran hukum-hukum syariat disusun sesuai bab-bab fikih dengan penjelasan martabat hadits dan perawi serta ulama yang mengeluarkannya." selengkapnya


Dari penjelasan diatas, sudah jelas, bahwa kitab Bulughul Maram ini berisi hadits-hadits. Kita dapat dengan mudah mengetahui hukum sesuatu berdasarkan dari hadits yang ada. Nah, di Bab Pertama, Bab Thaharah [Bersuci]. Di bab itu, kita akan menemukan semua hadits shahih mengenai Thaharah. Begitupula dengan bab lainnya. "disusun sesuai bab-bab fikih". 


Tadi, saat pelajaran Nahwu, Ustadz sedikit membahas tentang kitab [buku] ini dan Syaikh bin Baz. Tahukah kalian Syaikh Bin Baz?? Syaikh bin Baz, ulama ahli fiqih, kemanapun ia pergi, kemana-mana tidak pernah melepas kitab Bulughul Maram ini!! Ini adalah kitab yang luar biasa!


Riyahdus Shalihin
Kitab ini ditulis oleh Imam Abu Zakariya Yahya bin Syaraf an-Nawawy ad-Dimasyqy (631-676 H) yang termasuk dalam jajaran ulama besar di abad ke-7 hijriah.


"Kitab Riyadhush Shalihin ini memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki kitab selainnya dari kitab-kitab Sunnah dan dia benar-benar bekal bagi penasihat, permata bagi yang menerima nasihat, pelita bagi orang yang mengambil petunjuk dan taman orang-orang sholih. Hal inilah yang menjadi sebab mendapatkan kedudukan yang tinggi di kalangan ulama sehingga mereka memberikan syarah, komentar dan mengajarkannya di halaqoh-halaqoh mereka.


Akhirnya tidak dapat dipungkiri, kitab ini termasuk kitab yang paling banyak tersebar dan dimiliki sehingga kemasyhurannya telah melangit dan mendapatkan kedudukan yang tinggi di kalangan orang-orang khusus dan awam, dan cukuplah (sebagai bukti) umumnya masjid menjadikannya sebagai bahan bacaan yang dibacakan kepada makmum setelah sholat atau sebelumnya.
... Kitab ini terdiri dari 17 kitab, 265 bab dan 1897 hadits, beliau membuka mayoritas babnya dengan menyebut ayat-ayat dari Al Quran yang sesuai dengan pembahasan hadits yang ada lalu membuat tertib dan bab yang saling berhubungan sehingga kitab ini bisa mengalahkan selainnya dari kitab-kitab yang serupa dengannya. (LihatMuqaddimah Syarhu Riyadhush Shalihin, karya: Syaikh Muhammad bin Sholih Al Utsaimin, oleh: Prof. Dr. Abdullah bin Muhammad bin Ahmad ath-Thoyaar, cetakan pertama tahun 1415/1995)." selengkapnya.

Tahukah kalian arti dari 'Riyadhus Shalihin' ?
Artinya,,,

Taman Orang-orang Shalih ^^

Indah bukan artinya?
Coba deh liat lagi sampul bukunya. Taman yang indah!

Aaah,, Jadi mau cepet-cepet belajar isi kedua buku ini. Kapan aku bisa bahasa arab ya?? T_T

Teruslah menuntut ilmu (syar'i), wahai saudaraku. Karena banyak sekali manfaat yang akan kita dapat, baik di dunia maupun di akhirat.

Semoga kita diberikan pemahaman agama yang baik olehNya. Aamiin..


Ampenan, 28 Februari 2012 M

7 Orang Komen:

  1. 0.0
    kalau tau ada orang yang demen banget ama Bulughul Maram, mestinya kurawat baik-baik punyaku ==

    #maafkan aku yaa Rasul

    BalasHapus
  2. Asslamu'alaikum...

    Salut abiz buat niat dan tekatnya.
    Saya juga dalam proses pembelajaran mencari buku tersebut, pas googling eh ketemu tulisan ini jadi tambah semangat.
    Salam kenal ya, sharing untuk ilmu yang sudah didapat ya sobat.

    Rgds

    My U.S

    BalasHapus
  3. Kunci keberhasilan adalah menanamkan kebiasaan sepanjang hidup Anda untuk melakukan hal - hal yang Anda takuti.
    tetap semangat tinggi untuk jalani hari ini ya gan ! ditunggu kunjungannya :D

    BalasHapus
  4. Oh, masya Allah. Biarkan saya berbagi juga, Saudaraku.

    Ada aplikasi bernama SalafiDB, gratis, ia aplikasi berisi:

    1. Al-Qur’an dan terjemahan dalam bahasa Indonesia
    2. Tafsir Ibnu Katsir (dalam bahasa Inggris)
    3. Shahih Bukhari dalam bahasa Indonesia
    4. Shahih Muslim dalam bahasa Indonesia
    5. Bulughul Maram Imam Ibnu Hajar Al-Asqalani dalam bahasa Indonesia
    6. Riyadhus Shalihin Imam Nawawi dalam bahasa Indonesia
    7. Hadits Arba’in Imam Nawawi dalam bahasa Indonesia
    8. Kumpulan fatwa ulama Arab Saudi Lajnah Da’imah (dari http://fatwa-ulama.com) berbahasa Indonesia
    9. Kumpulan (mirror) dari situs http://almanhaj.or.id berbahasa Indonesia
    10. Kumpulan e-book berisi penjelasan-penjelasan yang sangat penting untuk umat Islam termasuk menjelaskan pokok-pokok penyimpangan ajaran Islam (ini sangat penting) dalam bahasa Indonesia.

    Anda dapat membaca uraian dan mengunduhnya nya di:
    1. SalafiDB Versi Windows: http://bacasalaf.wordpress.com/2012/07/05/salafidb-40-versi-windows/


    2. SalafiDB Versi Linux: http://bacasalaf.wordpress.com/2012/07/05/salafidb-sebuah-aplikasi-al-quran/

    Ukurannya hanya sekitar 50 MB. Saya sangat merekomendasikan aplikasi ini untuk kaum muslimin se-Indonesia. Saya sendiri telah mengambil faidah yang besar sekali dari aplikasi ini. Semoga ini bermanfaat.

    BalasHapus
  5. Masya Allah
    mantabz banget tu gan
    ane izin sedot dulu gan
    Jazakallahu khoiron katsiron

    BalasHapus
  6. bacasalaf is no longer available gan T_T
    bisa donlod juga gan di sini
    https://sites.google.com/site/salafidb/download

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan juga komentarnya yang meramaikan blog ini 😊 (Yang belum punya akun blog, bisa pilih 'anonim' untuk berkomentar dan jangan lupa sertakan nama ya 💐