Perbedaan Knitting dan Crochet [?]



Knitting
? Beda ya sama Crochet
Yup,, Beda sekali.. Alatnya pun beda, namun benang bisa sama. Tetapi masyarakat kita menyebutnya sama untuk menyebut 2 kegiatan ini dengan m-e-r-a-j-u-t. Dulu akupun tak tahu bedanya crochet dan knitting. Jadi apa bedanya?


Untuk crochet, sebenarnya dalam bahasa Indonesia disebut merenda. Bukan merajut hehe.. Merenda ini menggunakan 1 jarum saja yang ujungnya ada lengkungannya untuk mengait benang. Nama jarumnya hakken atau hakpen. Walau nama kegiatan ini merenda, bukan hanya untuk membuat renda saja. Tapi bisa untuk membuat berbagai macam benda. Tas, topi, baju, aksesoris, dan banyak lagi. Pokoknya banyaak.. Kalian bisa mengunjungi blog rajutku dan temanku Tantri (go-crochet.blogspot.com) untuk melihat hasil rajut crochet kami 😊

Contoh crochet dan jarumnya.

Ini jarumnya.



Dan ini mungkin mengapa disebut merenda.. Karena kalau buat renda atau taplak bagus hasilnya.


Adapun knitting, menggunakan 2 jarum atau lebih yang bentuknya seperti sumpit. Bahasa Indonesianya merajut. Nama jarumnya breien. Oh iya jarumnya juga ada yang melingkar atau disebut circular needle. Knitting juga bisa untuk membuat apa saja. Tetapi menurutku lebih bagus untuk membuat baju, topi, syal, karena hasilnya yang rapat tidak seperti crochet yang agak berlubang-lubang hasilnya. Sepertinya knitting belum sepopuler crochet di Indonesia. Jadi kalau kamu bisa knitting, asyik nih, ada kesempatan besar untuk menulis buku. Karena sepertinya buku belajar knitting masih sedikit. Kalau crochet sudah banyaaak... Sudah banyak banget 
saingannya... Ayoo jangan disia-siakan.. 

Jadi, seperti postinganku yang duluu, aku sempat tertarik belajar knitting juga. Ini dia yang sempat ku buat dulu.

Syal yang cuma pakai tusuk knit. Hihihi lumayan lah ada yang jadi. Tapi akhirnya dibongkar juga hiks..


Sarung tangan simple.. Dulu buat untuk teman. Lumayan ada tusuk purl..  


Masih belum mahir tapi sudah pengen nyoba ngerajut pakai 3 jarum.. Akhirnya juga dibongkar lagi hehehe


Pengennya cepet ke pelajaran selanjutnya.. Penasaran aja hihihi.. Jadi sempet juga nyoba tusuk cable. Tapi cuma nyoba aja nggak jadi barang yang berarti. Yang penting penasarannya hilang. 


Akupun akhirnya membeli buku I can't believe I'm knitting plus benang dan jarum circular di Demofa Craftshop. Walau ada buku, I don't understand.. Yes, the problem is in the language hehehe.. Tetap saja larinya belajar ke youtube.. Baru bisa tusuk knit dan purl yang masih belum rapi. 


Semangat punya buku, benang, dan jarum baru, bayangannya sudah pengen buat macem-macem hihihi.. Tapi nggak ada yang jadi juga akhirnya.. Rasanya belum masuk ke kepala cara-cara knitting.

Sarung tangan yang nggak jadi-jadi sampai sekarang. 



Sempet nyoba buat baju untuk adik yang dulu baru lahir.. Baru nyoba increase, tapi nggak perhatian bener atau nggak, cuma modal semangat.. Akhirnya panjang sebelah hahaha.. Jadi bongkar lagi deh hiks.. *dan sekarang umur adikku sudah 2 tahun 4 bulan hehehe


Tapi lama-lama semangat knittingpun redup.. Back to crochet hehe

...

Setelah sekitar 2 tahunan usia pernikahan, baru deh semangat itu muncul lagi. Lupa karena apa. Jadi semangat lagi. 

Daan finally I can make something sampai jadi! Alhamdulillah.. Cuma belum dirapikan aja hehehe.. Aku membuat topi untuk Hanin, putri pertamaku.


Tusukannya masih simple aja. Belum coba-coba yang lainnya. 

Dan ini topi yang kedua untuk Hanin dan belum jadi sampai sekarang. Mau buat slouchy hat.


Untukku, knitting lebih enak untuk membuat topi, baju, sarung tangan, karena hasil rajutannya lebih elastis. Maksudnya bisa ditarik-tarik jadi ukurannya bisa pas menyesuaikan ukuran tubuh kita. Kalau crochet lebih kaku tusukannya jadi kurang bisa ketarik menyesuaikan besar tubuh. Crochet lebih enak untuk merajut aksesoris, bunga, hiasan-hiasan, renda, tas.. Ini pendapatku. Mungkin ini kenapa namanya merenda karena kalau buat renda memang bagus. Tapi kurang tau juga ya kalau knitting untuk membuat renda mungkin bisa juga hehehe.. 

Jadi bagaimana dengan kalian? Crochet atau knitting? ^^

2 Orang Komen:

  1. Wah selamat Inas! Hehehe btw aku jg suka knitting dan crocheting looh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dyaaah apa kabaar??? 😃 Waah masaa?? Pengen liat hasil rajutanmuu 😍 *Meluncur ke blogmu

      Hapus

Terima kasih sudah membaca dan juga komentarnya yang meramaikan blog ini 😊 (Yang belum punya akun blog, bisa pilih 'anonim' untuk berkomentar dan jangan lupa sertakan nama ya 💐