Nasi Arab Maqlubah (مقلوبة) | CookBlog Challenge Middle East IDFB

Maqlubah pertamaku hehe

3 hari yang lalu nyoba buat masakan timur tengah lagi. Yup! Namanya Maqlubah. Pertama tau makanan ini dari kakak kelas dulu di SMA yang nikah dengan orang Yordania, dia cerita tentang masakannya sehari-hari. Ada yang pakai yoghurt nasinya, hmmm gimana eneknya ya hehehe.. Katanya awal-awal makan nggak suka, tapi sekarang malah suka banget 😄. Kakak kelasku juga cerita tentang membuat Maqlubah dan membuatku terpukau dengan ceritnya. Jadi, maqlubah itu artinya terbalik. Dipanci kita susun kentang dan terong yang sudah digoreng, masukan nasi, masukan ayamnya, masukan nasinya lagi. Lalu dimasak. Setelah nasi matang, jangan diaduk dulu.. Siapkan piringnya, balik deh pancinya dan nasi beserta lauknya sudah siap santap. Tapi aku masih nggak sadar kalau nanti hasil akhirnya itu padat masih berbentuk pancinya. Unik ya? Mungkin ini sebabnya dinamakan maqlubah/terbalik, karena nanti pancinya dibalik aja. Jadi penasaran gimana buatnya. Ternyata ini memang masakan orang Yordania dan Palestina. Aku pikir ini masakan orang Saudi hihihi. Tapi sepertinya sudah populer di beberapa negara lainnya..

Itu cerita sudah lamaa.. Akhirnya buat juga. Padahal belum pernah beli aslinya. Jadi rencananya pengen ikut challege masak bulan mei dengan tema Timur Tengah yang diadakan oleh Indonesian FoodBlogger. Tau info ini dari blog mba +selma alan ada challenge. Coba ikut aah,, Awalnya mau buat camilan-camilan aja untuk challenge. Tapi karena lagi semangat pengen nyoba buat Maqlubah, sekalian aja masakan ini untuk challenge 😊. Padahal belum siap apa-apa waktu itu, bahan nggak lengkap, sudah jam 11 siang, nggak inget langkah-langkahnya cuma pernah liat vidionya sekilas, resepnya belum diterjemahin masih bahasa arab hehehe lengkap deh. Jadi pas masak bolak balik liat vidio di youtube yang macet karena jauh dari wifii dan liat anak lagi ngapain hihihi.. Tapi Alhamdulillah Allah mudahkan dan alhamdulillah kata suami rasanya enaaaak 😍 bahagia ya rasanya kalau suami suka masakan kita hehe.. Rasanya itu gimana ya.. Enak deh pokoknya.. Kalau ada yang pernah coba madgut, mungkin mirip itu rasanya. Dominan rasa tomat tapi dengan nikmat rempah-rempahnya.. Hmm.. MasyaAllah. Tapi kan aku juga belum pernah coba aslinya hahaha.. Yang penting enak deh pokoknya.

Jadi resepnya.. Aku bingung bagaimana  harus menuliskannya. 😅

Aku melihat dari 2 resep..

Ini dia resep yang kulihat. Dapat  dari snapchat mraaaim123. Ceritanya punya snapchat tapi jadi tempat belajar masak hehehe.. Aku banyak follow akun orang saudi yang rajin masak 😄 Lagi semangat belajar masakan Arab nih. Nah, untuk Maqlubah, aku lebih banyak melihat di resep pertama ini. Tapi di resep pertama nggak ada takaran detailnya.

Sumber : snapchat mraaaim123


Jadi nyoba nyari lagi di youtube, nemu resepnya chef Manal Alalem. Tapi nggak ditonton habis. Cuma nyontek takaran bumbunya aja hehe,,

sumber : Youtube Manal Alalem
sumber : Youtube Manal Alalem

Jadi,, Sepertinya resep akan ditulis dengan penuh cerita hihihi.. Jadi ini resep yang sudah kumodifikasi gabungan dari 2 resep di atas. Karena masih coba-coba jadi buat porsi kecil. Sayang aku tidak foto step by stepnya.. 

Bahan :
- Kentang sesuai selera. Aku pakai 3 ukuran kecil-sedang
- Terong (nggak pakai karena nggak ada)
- Beras Basmati 2 cup ( di resep chef Manal Alalem pakai beras mesir)
- Air 4 cup
- 1/2 bagian ayam (450-500gr)
- Bawang Merah 1 (bawang merah di sini seperti besarnya bawang bombai)
- Bawang Putih  5
- kayu manis 3 cm
- Cengkeh 4
- Kapulaga 4
- Merica Hitam 1/2 sdt
- Jintan seujung sendok (dikiit)
- Tomat (tadi nggak pakai karena habis) & Pasta Tomat (nyoba pakai 2 sdt alhamdulillah pas. Tapi tanpa tomat)
- Daun Ghar 1 cukup sepertinya (nggak punya,, Padahal ini mungkin yang bikin rasanya khas arab ya?)
- Kunyit 1/4 sdt
- Cabai hijau (aku pakai merah ukuran sedang 2)
- Lemon hitam (ini dari resep pertama. diresep chef Manal nggak pakai. Aku juga nggak punya jadi nggak pakai. Mungkin pakai 1 saja cukup)
- Garam Gula secukupnya
- minyak secukupnya
- rempah-rempah arab kalau ada

Cara :
1. Cuci beras basmati, rendam dengan 3 cup air selama 1/2 jam

2. Siapkan kentang, kupas, potong-potong kentang dan terong melingkar. Goreng hingga matang. Sisihkan.

3. Potong-potong ayam sesuai selera.

4. Iris bawang merah, bawang putih ku geprek lalu diiris. Tumis bawang merah dan putih bersama kayu manis, cengkeh, kapulaga, jintan, lemon hitam.

5. Masukan ayam, aduk, tunggu 5 menit.

6. Tambahkan tomat yang sudah dipotong kecil-kecil dan pasta tomat, garam, gula, kunyit, cabai hijau utuh, dan air secukupnya. Biarkan sekitar 15 menit sampai ayam matang dan air menyusut. Matikan api.

7. Selagi menunggu ayam matang, Siapkan panci lain, masukan rendaman beras dengan sisa airnya, tambah airnya 1 cup lagi, garam secukupnya (icip rasa air nasinya), sedikit minyak, dan cabai (aku tidak pakai takut pedas). Masak hingga hampir matang dikiiit lagi. Cara masaknya, didihkan air, lalu kecilkan api paling kecil, tutup panci dan tunggu matang. Bisa ditambah air sedikit agar tidak terlalu kering kalau menggunakan beras basmati. Karena beras basmati tidak lengket seperti nasi Indonesia jika agak kebanyakan air. Matikan api.

8. Siapkan panci lain (kalau bisa ukurannya selebar piring saji). Tata kentang dan terong di dasar panci. Kemudian letakan setengah nasi yang hampir matang, ratakan dan ditekan-tekan. Kemudian ayam beserta bumbu-bumbunya, ratakan. Kemudian sisa nasi, ratakan dan ditekan-tekan. Tutup panci dan masak dengan api paling kecil 1/2 jam / hingga nasi benar-benar matang.

9. Siapkan piring saji, balik panci dan siap dihidangkan😊

Maqlubahku

Eits, yang benar sebelum dihidangkan, lihatlah seninya apa berhasil atau tidak hahaha.. Jadi aku buat Maqlubah ini benar-benar kurang persiapan. Nggak tau rupanya dan tehniknya (pas lihat foto hasil maqlubah, nggak sadar bentuknya seperti panci), pas dibalik pancinya yaaa berantakan lah nasiku hehehe.. Setelah googling, ternyata hasilnya keren loo.. Walau ada juga yang hasilnya sudah campur aduk antara nasi dan lauknya. Ini dia hasil pencarian di google.


Foto 1

Foto 2. Yang ini kreatiif

Hiks hiks.. Beda ya sama hasil buatanku. Walau hasil foto Maqlubahku lumayan tapi tentu itu hasil ditata dulu hehehe.. Aslinya campur aduk nasi, ayam dan kentangnya. Kentangnya lengket di panci dan beberapa ada yang gosong. Mungkin harus dioles minyak atau mentega dulu di dasar panci. Juga panciku kebesaran, nasi sedikit, daan tidak ditekan-tekan. Aku pikir ini seperti Madgut yang nanti bakal diaduk setelah matang. Ternyata memang ada seninya saat penyajiannya. Benar-benar kurang persiapan. Pantas saja namanya Maqlubah. Walau penampilannya kurang, tapi rasanya, hmm.. Enaaak.. Pengen masak lagi  jadinya.. Ini aja tanpa daun ghar dan lemon hitam sudah enak.

Benar saja akhirnya aku buat lagi kemarin. Dengan harapan bentuknya bakal seperti panci hihihi.. Buat porsi kecil, panci kecil, tata kentang membentuk bunga, daaan saat dibalik,,,,

Gagal lagiiiiii hehehee...
Nasinya berantakan, kentangnya tetap lengket setia dengan panci seperti perangko. Hmm apa yang salah ya.. 

Ya udah tata sendiri aja kentangnya hehe,, Maqlubah keduaku.

Akhirnya liat vidio-vidio lain lagi di youtube. Aku perhatikan pancinya, ternyata teflon!!! 😌😌😌😌😌

Jadi pas dibalik nggak nempel kentang dan terongnya..

Dan ternyata memang berbeda-beda tehnik membuat Maqlubah ini. Ada yang bumbunya di nasi jadi nasinya sudah berwarna, tapi lauknya tidak ada bumbunya. Ada juga yang nasinya putih dan bumbunya di dagingnya (seperti yang kubuat) jadi hasilnya nanti nasi berwarna merah putih. 

Bumbunya juga antara resep satu dengan yang lainnya ada saja bedanya. Namun dari yang ku lihat intinya tetap sama : tomat dan rempah-rempah khas arab (kapulaga, cengkeh, dll). Mungkin karena sudah terkenal di beberapa negara lain jadi ada tambahan kreasi dari negara tersebut. Juga lauknya, bisa ayam atau daging. Dan tidak hanya kentang dan terong saja.. Bisa ditambah potongan tomat, kol, irisan bawang merah.. Yup, sepertinya sesuai kreasi yang buat ya.. Dan biasanya dimakan dengan yoghurt dan salad arab. Kapan yaaa ke Yordania supaya bisa icip aslinya 😆

Ayoo teman-teman coba buat juga.. Gampang loo.. Beneran deh.. Tapi semoga berhasil saat membaliknya ya hihihi.. Tanpa daun ghar dan lemon hitam tetap enak kok. Kabari yaa kalau buat juga.. Terima kasih sudah membaca dan selamat mencoba 😊 


____________________
Sumber bacaan dan foto
https://en.m.wikipedia.org/wiki/Maqluba
Foto 1 : https://youtu.be/Ycf3vElmHl4 
Foto 2 : http://www.lahamag.com/Details/1392/مقلوبة_الدجاج_بالباذنجان

4 Orang Komen:

  1. Hihi jadi penasaran ni inas...insyaAllah pengen coba bikin aah...mantap ni maqlubahnya...biki ngiler

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mba Selma yang buat tambah mantap nih insyaAllah 👍👍 ditunggu hasilnya mba Selma 😃

      Hapus
  2. Assalamualaikum, masya Allah .. mabruk ! dengan maqlubah-nya.
    saya udah lama ngincer, belum berani nyoba ... pas ngebalikinnya, bener2 tantangan.

    mantaabz lah, nemu demonya di sini, jadi ingin nyoba bikin.
    terimakasih mba Inas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumussalam.. ahlan wa sahlam mba.. Hehehe alhamdulillah tapi gagal mba nggak dapet bentuk Maqlubahnya..
      Siip mba ditunggu hasilnya 😃
      Terima kasih mba sudah berkunjung 😊

      Hapus

Terima kasih sudah membaca dan juga komentarnya yang meramaikan blog ini 😊 (Yang belum punya akun blog, bisa pilih 'anonim' untuk berkomentar dan jangan lupa sertakan nama ya 💐