DIY - Vas Bunga Rajut (Crochet Vase)

#MenghiasRumah - part 3

Setelah sekian lama hanya melihat rajutan-rajutan yang setengah jadi, akhirnya ada rajutan yang selesai juga dan bisa dipajang di rumah. Seperti keinginanku dulu di postingan sebelumnya, aku punya beberapa bunga yang tidak mempunyai vas. Munculah ide untuk membuat vas bunga dari botol bekas jus buah dan dirajut dikit. Sebelumnya pernah buat tetapi belum ditulis di blog hihihi.. Nulis yang fresh ini aja dulu mumpung semangat hehee..


Alhamdulillah akhirnya ada vas bunga.

Vas kali ini insyaAllah lebih aman karena di gantung di tembok. Amannya dari segi nggak bisa diraih anak-anak hehe.. Maklum sekarang nggak bisa pajang apa-apa yang berbahan kaca di atas meja. Rawan ditarik anak dan akhirnya pecah. 


Naah karena ini botol bekas yang dirajut dan kekuatannya saat digantung ada pada rajutannya, jadi harus pakai benang yang kuat. Benang yang kuat sih benang nilon, rangking 2 mungkin polyester ya.. Karna cuma benang polyester yang ada jadi pakai benang poli. Daaan dengan jarum besar no 7 hihihi.. Yup, tentu biar cepat jadi hehehe.. Karna banyak kerjaan lain yang menunggu.


Sekalian berbagi di sini, siapa tau bermanfaat untuk yang ingin mempercantik rumahnya. Dan aku juga sekalian belajar nulis pola rajutan. Kalau ada salah mohon koreksinya yaa 😊


Ini dia botol bekas*nya..
Dari botol jus buah yang isinya 250ml. 
Ukurannya kurang lebih :
Diameter bawah : 6 cm
Tinggi : 17 cm 



Vas Bunga Simpel 🌸 Simple Flower Vase
By : Inas Basymeleh

Benang/yarn : polyester
Jarum/hook : 7
Istilah/Abbreviation : magic ring, ch, dc, slst, 2 dc inc

Pertama,,
Firstly,,

Baris 1-3
Buat magic circle
Make a magic circle

Baris 1: ch 3 (kita anggap 1 dc), lalu buat 11 dc pada magic circle, slst pada ch ke 3 yang pertama kita buat ( hasil 12 dc)
Row 1 : ch 3 (count as dc), 11 dc in magic circle, slst in the third ch of 3 ch (12 dc)

Baris 2: ch 3, 1 dc pada lubang yang sama, *2 dc inc pada lubang berikutnya, ulangi dari * 11 kali, slst pada ch ke 3 (hasil 24 dc)
Row 2 : ch 3, dc in the same st, *2 dc inc in the next st, repeat from * around 11 times, join with slst in the third ch (24 dc) 

Baris 3 : ch 3, 2 dc inc di lubang berikutnya, *1 dc di lubang berikutnya, 2 dc inc pada lubang berikutnya*, ulangi dari * 11 kali, slst pada ch ke 3 (hasil 36 dc)
Row 3 : ch 3, 2 dc inc in the next st, *dc in the next st, 2 dc inc in the next st, repeat from * around 11 times, join with slst in the third ch (36 dc)


baris 2-19

Baris 4 - 18 : ch 3, lewati 2 lubang, (2 dc inc, 1 ch, 2 dc inc) pada lubang berikutnya, lewati 2 lubang, *1 fpdc pada lubang berikutnya, lewati 2 lubang, (2 dc inc, 1 ch, 2 dc inc) pada lubang berikutnya, lewati 2 lubang berikutnya, ulangi dari * 11 kali, slst pada ch ke 3
Row 4 - 18 :  ch 3, skip 2 st, (2 dc inc, 1 ch, 2 dc inc) in the next st, skip 2 st, *1 fpdc in the next st, sk 2 st, (2 dc inc, 1 ch, 2 dc inc) in the next st, sk 2 st, repeat from * around 11 times, slst in the third ch

Baris 19 : ch 3, 1 dc di 35 lubang berikutnya, slst pada ch ke 3 (hasil 36 dc)
Row 19 : ch 3, dc in the next 35 st, slst in the third ch (36 dc)

baris 20

Baris 20 : slst di 4 lubang berikutnya, 25 ch, slst dari belakan rajutan di lubang dc ke 33 (dihitung dari 3 ch pertama sebagai dc pertama di baris 19). Mulai mengerjakan dr balik rajutan. Slst di lubang-lubang berikutnya dan berlanjut di 25 ch berikutnya dari, slst di lubang berikutnya. Matikan benang.
Row 20 : slst in the next 4 st, 25 ch, slst in the 33th dc from wrong side. (count from ch 3 that count as first dc (row 19) to know the 33th dc). Start crocheting in the wrong side, slst in the next stiches and in 25 ch, slst in the next st. Fasten off. 

***

Setelah rajutan jadi, masukan botol pada rajutan, hiasi dengan pita di tengahnya/ sesuai selera. Dan gantung di tembok.


Akhirnya bisa bikin pita yang rapi hihihi.. 

Tampilan ketika digantung tanpa bunga.. Ini botolnya tidak aku lem dengan rajutan. Bisa di lem juga kalau mau dengan lem tembak/ lem yang kuat lainnya.

Bagaimana teman-teman? Mudah bukan? 😃 Semoga jelas ya penjelasannya, gambarnya.. Terutama di baris 20. Aku bingung gimana jelasinnya hehee.. Semoga gambarnya bisa membantu. Kalau ada yang membingungkan penjelasannya monggo ditanyakan. Semoga bermanfaat dan menginspirasi. Kalau ada yang salah tulis juga mohon koreksinya ya.. Ditunggu karyanya 😃 Selamat Berkreasi 💪💪



__________
* yang tinggal/pernah di Saudi, tebak ini botol apa kira-kira? 😄


6 Orang Komen:

  1. Ukhti inass.. ana juga ingin belajar merajut.. ada link recommend dr k inas ga?
    K inas tggl d saudi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Riskaa apa kabar? Lama tak berjumpa 😃 insyaAllah dicari dulu ya.. Soalnya belajarnya dari mana-mana hehehe.. Iya Riska alhamdulillah.. Sementara di Madinah karna suami kuliah

      Hapus
  2. Haaa masyaAllah pengen bikin....benang polyester ini wol kah? Ada di khandaq gk? Kk sjk di indo gk ada merajut. Jadi pengen..kangen merajut. MasyaAllah cakep.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo bikin juga mba Selma 😊 Bukan mba, ini lebih kuat lagi.. Ana dibeliin di indo.. Di saudi nggak tau di khandaq ada atau nggak.. Jazakillahu khairan mba Selma 😊

      Hapus
  3. wah saya juga suka ngerajut tapi nggak pernah kepikiran buat vas bunga... makasih tipsnya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mba.. selamat ngerajut mbaa

      Hapus

Terima kasih sudah membaca dan juga komentarnya yang meramaikan blog ini 😊 (Yang belum punya akun blog, bisa pilih 'anonim' untuk berkomentar dan jangan lupa sertakan nama ya 💐