Resep Lidah Kucing


Setelah sekian lama abinya Hanin minta dibuatkan lidah kucing, akhirnya kesampaian buat juga. Pas awal nggak punya oven dan cuma punya cetakan bulat-bulat, pengen nyoba buat dengan happy call. Siapa tau bisa. Ternyata sampai punya oven nggak dieksekusi nih lidah kucing hehehe.. Maaf yaa abinya Haniin...

Selama belum membuat lidah kucing, aku sudah mengumpulkan resep-resep lidah kucing. Ada yang pakai kuning telur, ada yang putih telur, hmm bingung mau pakai yang mana.. Sampai akhirnya terakhir nemu resepnya mba Ricke diinstagramnya.. Udahlah buat ini aja.. Karena mba Ricke juga bilang hasilnya enak hehehe.. Jadi semangat buat deh.

Diresep memakai stengah mentega dan stengah margarin.. Hmm sampai sekarang aku belum paham bedanya mentega dan margarin. Selama ini bl*e b*nd kusebut mentega. Tetapi ternyata di bungkusnya ditulis margarin... Hmmm... Karena belum beli bl*e b*nd di toko Asia, jadi abinya hanin beliin butter aja di warung dekat rumah.

Aku masih belum punya cetakan lidah kucing.. Masih cari-cari resep di cookpad, ternyata ada yang buat dengan loyang kue kering dan adonan kuenya dimasukan ke plastik, potong ujungnya dan disemprot aja di loyang. Akhirnya beraniin diri nyoba pakai loyang kue kering.

Ditunggu-tungguu kapan matengnya.. Berhasil atau nggak,, Alhamdulillah berhasil teman-temaan.. Yaa walau bentuknya jadi nggak sama besar, nggak apa-apalah kan buat dimakan sendiri hihihi... Dan rasanyaa.. Enaaaaakkk masyaAllah mirip butter cookies 😍😍 Karena pakai butter semua mungkin yaa.. Rasanya gk pengen berhenti makan. Akhirnya kebanyakan makan jadi enek hehehe.. Enak deh pokoknya.. Kalau dicampur stengah mentega setengah margarin mungkin beda lagi rasanya 😊

Pakai toples cookiesnya sepupu.. Hihihi..


Terima kasih mba Ricke resepnya 😊 ini resepnya dihias dengan coretan zigzag di atas cookies. Kalau aku buat yang polos aja.

Ini dia resepnya

Lidah Kucing Cookies

Bahan:
250 gram butter/margarin (atau mix keduanya)
160 gram gula halus
1 sdt vanilla
100 ml putih telur, suhu ruang
200 gram terigu protein sedang
50 gram maizena


Cara membuat:
1. Panaskan oven suhu 140-150'C. Siapkan loyang lidah kucing dan oles tipis dengan margarin. Sisihkan.
2. Campur dan ayak terigu dan maizena. Sisihkan.
3. Kocok butter, margarin dan gula halus sampai mengembang dan putih. Masukkan vanilla, kocok rata. Masukkan putih telur, kocok rata.
4. Masukkan campuran terigu dan maizena, kocok rata dengan kecepatan rendah hingga rata dan lembut.
5. Ambil sedikit adonan, beri cokelat bubuk atau pasta cokelat. Aduk rata.
6. Masukan masing-masing adonan putih dan coklat kedalam plastik segitiga/piping bag. Gunting ujungnya lebar sekitar 1 cm untuk adonan putih dan gunting cukup kecil saja untuk adonan coklat.
7. Semprotkan adonan putih lurus-lurus ke loyang lidah kucing. Beri coretan zigzag adonan cokelat di atasnya. Lakukan sampai adonan habis.m
8. Panggang dalam oven yang telah dipanaskan hingga matang dan kering (sesuai oven masing-masing). Angkat dan dinginkan. Simpan segera dalam wadah kedap udara.

Yang mau coba pakai loyang lebar untuk kue kering sepertiku, aku olesi loyang dengan minyak. Semprot-semprot di loyang dan kira-kira saja jarak antara cookiesnya, karena tergantung juga seberapa besar lubang plastik yang kita buat.. 

yang ini aku ketebalan teman-teman.. hasilnya ada yang nempel dengan adonan di sampingnya. Dikira-kira saja kalau adonannya cair nanti akan menempel dengan yang di sampingnya atau tidak.

Hmm aku oven berapa lama ya.. Sepertinya sekitar 8-10 menit. Dicek saja, tanda sudah matang pinggiran cookies sudah agak coklat. Kalau sudah coklat langsung keluarkan 😊 


Untukku yang pemula, ini kue yang gampang buatnya.. Karena nggak seperti kue kering lainnya seperti nastar, repot dibentuk-bentuk, lalu kue kering kacang/putri salju, digiling dan dicetak, tau-tau ada yang ketipisan ada yang ketebelan hehehe.. Memang akunya nih yang belum telaten.. Jadi pas buat lidah kucing alhamdulillah langsung berhasil dan ternyata mudah tinggal semprot-semprot aja. Tapi mentega dan margarinnya banyaaak hiks.. Yaa kalau mau hasil yang enak memang bahannya juga enak ya 😊 


Selamat mencoba teman-teman blogku 😊

6 Orang Komen:

  1. Balasan
    1. Hahahahaa bukan kucingmu kok yuum 😄

      Hapus
  2. masyaAllah..ternyata bisa pakai pipping bag aja ya. Soalnya cetakan di madinah, hehe. Suka juga lidah kucing, yummy.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba Selma alhamdulillah pas nemu orang yang buat pakai pioing bag 😌 Alhamdulillah bisa

      Hapus

Terima kasih sudah membaca dan juga komentarnya yang meramaikan blog ini 😊 (Yang belum punya akun blog, bisa pilih 'anonim' untuk berkomentar dan jangan lupa sertakan nama ya 💐