Tips Menyimpan Sambal di Freezer

Sudah lama nggak nulis di blog.. Sebenarnya banyaaak banget yang pengen ditulis.. Tetapi waktu dan mood sering tidak datang bersamaan hehee..


Kali ini mau nulis tentang sambal. Yup! Siapa yang tidak suka sambal? Kalau aku sih sukaa maklum dari Lombok hehehe.. 


Aku biasa menyimpan sambal bajak di freezer. Kalau ibu datang, dibawakan sambal banyaak... Sambal bajak ini enaknya bisa dibuat macam-macam dan praktis. 


  1. Mau buat nasi goreng, tumis bawang merah dan putih, ambil 1 sendok/ sesuka hati sambal bajak, tumis, masukin nasinya, tambah gula garam jadi deeh.. bisa tambah kecap juga pokoknya sesuai selera.
  2. Buat tumisan juga, tumis bawang  merah/bombay, bawang putih, sayur-sayur, sambal bajak mungkin 1 sdm, gula garam, jadi deh tumisan.
  3. Buat ayam bakar, rebus ayam dan beri sambal bajak agak banyak, bawang putih bubuk dan santan, setelah matang bisa langsung dimakan/ dibakar dulu jadi lebih mantap. Jadi deh ayam bakar.
  4. Kalau males buat sambel dan sudah buat ikan goreng, ambil sambal bajak.
  5. Dan bisa eksperimen lainnyaa hehe..


Sepertinya masakan lombok juga rata-rata bumbunya bumbu sambal. Enak ya nggak banyak hafalin resep hihihi.. Tapi buat sambalnya juga harus enak dong hehhee..


Nah, karena biasanya aku menyimpan sambal bajak dalam porsi besar dan di satu wadah saja di dalam freezer, kalau butuh dikit jadi lamaaa nunggu cair semua.. Alhamdulillah nemu cara yang enak sekarang. Nah, ini dia tips menyimpannya dalam porsi sedikit.


  1. Siapkan wadah untuk sambal yang ukurannya panjang dan tidak terlalu tinggi
  2. Masukan sambal bajak pada wadah, sesuaikan banyak dan ketebalannya sesuai kebutuhan, ratakan.
  3. Bagi sambal menjadi kotak-kotak dengan ujung sendok (jangan pisau yaa) bisa bagi jadi 6 atau 9 dan seterusnya. Ya kira-kira 1 kotak itu 1 sdm sambal. Sambal bajak kental sehingga bisa agak dipisah. 
  4. Masukan dalam freezer hingga beku
  5. Ketika dibutuhkan, keluarkan wadah sambal, congkel 1 bagian dengan garpu. Dan selamat menggunakan sambal bajak 😊


Ini contoh punyaku.. semoga jadi lebih mudah dipahami.



Kalau masih susah dicongkel dan terlalu beku, tutup lagi wadah sambal, aliri dengan air keran bagian bawah sambal sebentar saja, dan coba dicongkel lagi sambalnya.


Semoga bermanfaat 😊


2 Orang Komen:

  1. Wah jadi praktis ya inas... Kk jarang makan sambal bajak. Jadi pengen coba cara ringkasnya... Syukron ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Afwan mba Selma 😊 Semoga bermanfaat 😊

      Hapus

Terima kasih sudah membaca dan juga komentarnya yang meramaikan blog ini 😊 (Yang belum punya akun blog, bisa pilih 'anonim' untuk berkomentar dan jangan lupa sertakan nama ya 💐