Resep Nasi Cina


Hari kamiis.. Waktunya posting sesuatu di blog. Kalau nggak dijadwal kayaknya bakal sepi blognya hehehe.. Tapi akhirnya nggak selesai juga nulisnya, jadi molor hari jum'at 😁

Hari kamis kemarin aku masak nasi Cina. Entah ini beneran masakan khas Cina atau nggak ya hihihi. Tapi pernah pas ke restoran Cina (di Madinah), pesen nasi cina seperti ini juga hasilnya, nasi dengan macam-macam sayuran dan ayam dipotong kecil-kecil. Bedanya yang di restoran lebih enak hehehe.. Iyalaaah kalau mau laku harus lebih enak dong. Tapi yang ini juga nggak kalah enak dan mudah membuatnya.

Nasi Cinaku dan salad suka-suka 😋


Nasi Cina ini diajari saudari nenekku dan anaknya saat aku mau melahirkan anak pertamaku di Jeddah. Biasanya di keluarga saudari nenekku nasi cina ini dimakan bersama salad. Huhuhu enaaak... membuatnya juga mudah!

Sayangnya waktu mau belajar buat nasi Cina, aku telat pergi ke dapur. Pas ke dapur semua bahannya sudah dipotong semua. Jadi tidak tahu takarannya *salah sendiri nggak nanya 😅 Jadi saat praktek sendiri di rumah, aku coba mengira-ngira dari melihat hasil foto bahan-bahannya. Alhamdulillah enak 😍 

Ini dia resepnya

🍚 Nasi Cina 

🔷 Bahan :
  • Beras 3 cup
  • Air 6 cup
  • Dada dari 1 ayam 
  • Maggi 1
  • Kecap manis 2 sdm
  • Soy sauce makati 3-6 sdm (pakai kecap biasa juga nggak apa-apa sepertinya soalnya sama-sama kecap. Cuma mungkin beda rasa dikit dan kecap yang ini cair)
  • Merica 1/2 sdt
  • Gula garam sesuai selera
  • Sayuran :
  • Wortel 1 besar potong kotak-kotak
  • Paprika 3 kecil potong kotak-kotak
  • Jagung yang sudah dipipil 5 sdm/ sesuai selera
  • 1 Bawang merah saudi yang ukuran sedang diiris (bawang merah di saudi besarnya seperti bawang bombay 😀 dikira-kira aja ya bawang merahnya sebesar bawang bombay yang ukuran sedang)
  • 4 Bawang putih dicincang
  • Cabe hijau 1 iris
  • Daun bawang

🔷 Cara membuat :
  1. Rendam 3 cup beras dengan 4 cup air selama stengah jam
  2. Potong-potong dada ayam kotak-kotak
  3. Siapkan semua sayuran, kumpulkan jadi 1 di 1 wadah.
  4. Tumis dada ayam hingga matang dengan minyak samin. Minyak biasa juga sip 👍
  5. Masukan semua sayuran, tambahkan merica, maggi, kecap, kecap makati, gula dan garam sesuai selera. 
  6. Masak hingga agak layu sayurnya atau sekitar 5 menit. 
  7. Masukan beras dan air rendamannya ke panci, tambah lagi 2 cup air. Jadi total airnya 6 cup. 
  8. Aduk semuanya, icipi rasanya. Tambah gula garam juga kecap jika kurang mantap di lidah.
  9. Biarkan sampai mendidih. Setelah mendidih, kecilkan api sampai paling kecil dan tutup panci. Biarkan nasi matang selama 1/2 jam (30 menit)
  10. Buka pancinya daan jadi deh.. Siap disantap dan lebih enak dimakan dengan salad 😋

Untuk kecap makati ini, aku tidak tau kalau di Indonesia kecap apa ya yang mirip 😁. Kalau tidak salah, saudari nenekku menggunakan kecap makati yang tertulis "soy sauce lite". Pas praktek pertama kali, suami belikan yang "soy sauce sweet". Entah apa bedanya tapi enak-enak aja hihihi. Setelah yang sweet habis, suamiku membelikan yang "soy sauce classic". Enak juga. Aku tidak tahu apa bedanya yang penting enak 😄 *lidahnya suka makan apa aja hehehe kurang peka kayaknya maaf ya. Yaah intinya kecap apa saja insyaAllah enak 😁👍

Untuk saladnya, kalau aku sih sayur apa aja yang ada dan sausnya mengarang indah dan enak 😄. Jadi maaf ya sepertinya belum bisa kasi resep saladnya karena selama ini asal-asal buat aja. Sebenarnya diajarin juga cara buat saladnya, tapi nggak ada bahan-bahannya jadi nggak pernah praktek 😅 

Tips : Kalau nasi cinanya ada sisa, disimpan dikulkas, besok pagi nasinya ditumis seperti buat nasi goreng. Jadi nasi goreng cina 😁

Semoga bermanfaat dan selamat memasak 🍳

2 Orang Komen:

  1. MasyaAllah laziz.. InsyaAllah mau coba resepnya ya inas.. Jazakillahu khairan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fajazakillahu khairan mba Selma 😊 Kalau mba Selma yang buat insyaAllah mantap nih 😃👍

      Hapus

Terima kasih sudah membaca dan juga komentarnya yang meramaikan blog ini 😊 (Yang belum punya akun blog, bisa pilih 'anonim' untuk berkomentar dan jangan lupa sertakan nama ya 💐