Festival Budaya ke 4 tahun 2015 di Madinah Saudi Arabia


مهرجان الثقافات و الشعوب الرابع


 Kali ini mau cerita tentang festival budaya tahun lalu, pertama kalinya aku ke festival budaya. Sudah tahun lalu tapi baru sekarang semangat nulisnya muncul hehe.. Kalau bahasa zaman sekarang ini namanya #latepost . Tapi ini #latepostbanget hehehe

*perhatian. postingan ini mengandung banyak foto hehehe

Festival Budaya ini diadakan oleh Universitas Islam Madinah (UIM). Sepertinya setiap tahun. Tahun kemarin festival yang ke 4 kalinya. Jadi setiap mahasiswa berkumpul berdasarkan asal negaranya dan membuat sesuatu tentang negaranya. Bisa berupa makanan, foto-foto, dan banyak hal lainnya untuk memperkenalkan negaranya. Universitas menyediakan stand untuk masing-masing negara dan uang untuk menyiapkan festivalnya. Asyik kan? Jadi modal semangat, kreativitas, tinggal beli bahan-bahannya.. Kecuali uangnya kurang mungkin ya hehehe jd harus kumpulin uang. Dan ini di lombakan dan hadiahnya besaar.. Ummahat (ibu-ibu) yang dari indonesia pun ikut membantu membuat makanan untuk stand Indonesia. Festival ini bisa dihadiri siapa saja! 

Dan serunya itu.. Aku berburu makanan saat festival. Hihihi... *dasartukangmakan Icip sana sini makanan khas negara lain. Semoga yang masak bersih ya hehe.. Alhamdulillah nggak sakit perut sepertinya waktu itu. Festivalnya berlangsung 4 hari, 3 hari pertama untuk laki-laki dan 1 hari terakhir untuk perempuan. Inilah bagusnya di Saudi, laki dan perempuan di pisah untuk menghindari khalwat (campur baur laki perempuan). Dan di hari terakhir untuk perempuan, sama sekali nggak ada laki-laki. Jadi pengunjung bebas mau buka jilbab, cadar, dan dandan secantik-cantiknya pun boleh.. Tapi,,, Jadi nggak boleh foto-foto di festival. Karena tadi itu, ada yang nggak pakai jilbab. Tapi aku sempat foto-foto.. Teman-temanku ada yang heran kok aku bisa enak foto-foto hehehe..

Jadi.. Saat aku datang ke festival, termasuk di awal waktu, berangkat setelah asar. Masuk dengan santai alhamdulillah.. Dan di dalam memang diumumkan dilarang foto-foto. Tapi sayaaang sekali rasanya kalau nggak difoto. Terlalu bagus hehehe... insyaAllah aku nggak foto orang-orangnya kok hehe *nakal ibu satu ini.  Dan ternyata teman-temanku dan seluruh pengunjung yang datang setelahku, disita semua hpnya. Jadi masuk ke festival tidak boleh bawa hp. Itulah sebabnya temanku heran, kok bisa santai foto-foto dan bawa hp.. MasyaAllah ajaran Islam, sangat menjaga kaum wanita. Benar-benar tidak ada laki-laki di dalam gedung. Hanya di luar menjaga pintu masuk. Semoga Allah selalu memberkahi negara ini aamiin..

Memang stand indonesia masih kalah dari negara lain.. Semoga tahun ini Indonesia lebih maksimal lagi penampilannya.. Aamiin.. Lupa  pemenang festival tahun lalu negara mana..

Jadi ini diaaa..


Pamerannya di dalam gedung. Di atasnya di pasang bendera berbagai macam negara.. Keren yaa...


Ini diaa stand Indonesia.. Sayang aku nggak foto stand Indonesia. Mungkin karena lagi banyak orang saat itu jadi nggak bisa foto. Ini dapat di grup whatsapp fotonya. Lupa siapa yang share.. Syukran yang sudah share dan yang punya foto hehehe.. Tapi ini masih kosong mejanya belum ada makanannya.


Dan ini dia foto stand negara lain yang berhasil ku jeprat-jepret baik diam-diam maupun terang-terangan.

Ini stand negara Palestina..




Ini stand negara apa ya.. Tulisannya si "TONGA GOA" hehehe baru tau nama negara ini.


Kalau ini familiar yaa kayaknya insyaAllah.. Hihihi.. Sayang standnya sepi nggak ada yang jaga.. Jadi nggak ada makanannya yang bisa diicip. Beberapa stand kosong jadi ada yang berantakan juga.. Tapi yang ini lumayan lah rapi walau tidak diurus lagi.

Kalau ini lupaa negara mana hehehe.. 



Kalau ini stand Lebanon.. Dapat makanan baru juga.. Tabulah dan Baqlawah..


Ini dia makanannya..


Ini Maldev..


Ini negara mana ya.. Kazakhstan mungkin ya.. Asal jepret aja nggak dicatet nama negaranya hehee


Butan.. Baru tau hehehe.. 


Kalau nggak salah ini di dalam stand Butan



Ini stand negara Yaman





Ini stand negara Thailand





Kalau ini stan negara mana ya.. Nggak tau ini bendera negara mana ya





Kalau ini insyaAllah familiar juga yaa.. Yup! China.. 



Ini juga baru tau nama Eritrea.. Hehehe ketauan jarang baca buku.


Ini mungkin di dalam stand Eritrea.. Lupa juga 



Ini juga nggak tau negara mana hehe..


Iniii dapet kue ini.. MasyaAllah enak bangeet tapi sayang nggak nanya nama kuenya.. Nggak inget juga dapat dari stand negara mana hiks.. Ada yang tau nggak ya..


Kalau ini.. Bingka buatanku hehehe.. Untuk bantu stok makanan di stand Indonesia.. Yang orang banjar jangan diketawain yaa bingkanya hehehe maklum yang buat orangnya dari lombok hahaha...


Oh iya , nggak cuma makanan aja lo di Mahrojan (festival). Stand negara bangladesh juga bagi-bagi uang. Unik masyaAllah cara menarik perhatian para pengunjung.


Aku juga dapat brosur tentang negara Malaysia, Turki, banyak deh masyaAllah.. Nggak tau di mana sekarang belum difoto hehe.. Kalau ketemu insyaAllah ditambah ditulisan ini nanti. Jadi masing-masing mempromosikan negaranya..

Oh iya.. Festival Budaya ke 5 tahun ini diadakan hari ini tanggal 29 Maret 2016.. Penasaran tampilan stand Indonesia seperti apa.. Semoga lebih baik dari tahun sebelumnya aamiin..

*update
postingan Festival Budaya ke 5 klik di sini
Dapat poster ini dari FP "PPMI Madinah"

0 Orang Komen:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca dan juga komentarnya yang meramaikan blog ini 😊 (Yang belum punya akun blog, bisa pilih 'anonim' untuk berkomentar dan jangan lupa sertakan nama ya 💐