Perjuangan Beli Ayam Goreng Al-Baik



Al-Baik


Ada yang pernah makan Al-Baik?

Sepertinya Al-Baik terkenal sekali ya sampai di Indonesiapun bisa dibela-belain jual ayam berbalut tepung ini. Ini favorit banget di Saudi. Yah, memang enak siiih masyaAllah. Selain enak, al-Baik terjangkau semua kalangan, harganya standar daripada fried chicken merek terkenal lainnya. Tapi kalau mau beliiiiii, antriannyaaaa masyaAllah sampai luar toko kayak difoto ini *kebetulan ini foto pas hari jum'at, hari libur di saudi jadi tambah rame.

Antriannyaaa sampai luar pintu ckckckk...
Gimana perjuangan beli ayam ini?Jadi kalau mau beli, kita antri di antrian yang panjaang cuma bilang mau pesan ini dan itu. Nanti dikasi struknya dan nomor antrian untuk ambil ayamnya. Dan antrian ambil ayam itu juga lamaaaa karna banyaknya yang beli. Ngantri 2 kali! Sampai ada yang berantem juga pas ngantri. Ckckck.. 

Selesai? Beluuum.. kalau mau makan ditempat, antri juga dooong hahaha. Biasanya  Jadi nungguin di deket org makan, nunggu mereka selesai makan. Hehe nggak enak ya lagi makan ditungguin orang. Jadi banyak juga yang beli lalu bawa pulang.

Isinya apa aja?

Ayam goreng berbalut tepung seperti fried chicken umumnya namun dengan rasa yang khas, sepertinya banyak juga rempah-rempah yang digunakan. Isinya 4 potong dari setengah ekor ayam (. Bisa pesan yang biasa atau yang pedas. Kalau pedas, di dalam ayamnya ada rasa pedasnya. Sayangnya aku tak pandai mendeskripsikan rasa hahaha *apalagi rasa dalam hatiku yg paling dalam. Pokoknya enak deh.. Angka 376 difoto di atas tadi sudah mendeskripsikan antrian yang pengen segera makan Al-Baik. Kayak antri sembako ya?

Oh iya, namun standar pedas orang Saudi beda ya nggak kayak orang Indonesia. Pedasnya Saudi nggak ada apa-apanya bagi lidah orang Indonesia. Jadi suami selalu beli yang pedas.

Isi satu paket Al-Baik, 13 real.
Lalu pelengkapnya ada kentang goreng. Ini 1 paket sama ayam, jadi nggak perlu beli kentang terpisah. Daan juga ada 1 roti bundar yang untuk burger ituu. Jadi makannya pakai roti ini. Untuk anda yang pecinta nasi, bawalah nasi sebelum makan al-Baik di tempat hehehe..

Oh iya, sausnya, selain diberi saus tomat, juga diberi saus bawang putih! Ya! Saus bawang putih. Baru pertama kali lihat saus bawang putih ya pas di sini. Apa ada ya di indonesia atau aku yang ketinggalan berita hehe.. Sayangnya nggak ada saus sambalnya.

Berapa harganya? 

Semua tadi 1 paket harganya 13 real baru-baru ini. Sebelumnya 12 real. Karena sekarang diberlakukan pajak, jadi naik 1 real.
Ada juga yang nuggetnya, harganya sama. Isinya 1 paket ada nugget 10 biji, kentang, dan roti 1, saus tomat, dan saus bawang putih. Tekstur ayamnya bukan seperti nugget beku yang biasa dijual, malah isinya daging ayam yang masih berserat-serat. Mungkin dibuat dari dada ayam semua ya dan dipotong kotak-kotak. Jadi rasanya seperti makan ayam asli juga.

Nugget Al-Baik, Kentang, Roti, dan Salad Malfuf
Biasanya kalau kami beli ayam al-Baik, suami juga memesan saladnya. Namanya Salad Malfuf. Walah hanya irisan kol dan wortel tapi enaaaaak bangeet masyaAllah hiks hiks gimana cara buatnya yaaaa.. Segar sekalii.. Hmm masyaAllah nikmatnya 👍 Ayam yang enak dimakan dengan salad yang segar. Hmmm... Harga saladnya 3 stengah real sepertinya sekarang.

Dijual di mana aja?

Al-Baik ini cuma ada di 3 kota, lho! Mekah, Madinah, dan Jeddah. Bahkan di Riyadh, Ibu kota Saudi pun tak ada. Kabar yang kudengar sih sengaja nggak dikasi buka cabang di kota lain mungkin takut menjatuhkan restoran lainnya hehehe masyaAllah. Tapi wallahu a'lam ya alasan sebenarnya..

Tapi emang kalau ada al-Baik, yang lain bisa nggak laku hehehe.. Karena tadi itu, rasanya enak nikmat dan harganya terjangkau sekali, kenyang pula.. InsyaAllah nggak rugi hehehe..

Kalau di Madinah, yang kutahu ada 4 lokasi penjualan Al-Baik. Di Depan masjid Nabawi, daerah Aziziyah, daerah Khalidiyah, dan 1 lagi di dekat bandara. Oh iya, di Rasyid Mall di daerah Rabwah juga ada, tapi hanya menjual yang nugget aja. Cuma jual yang nugget aja, restoran-restoran lainnya jadi terlihat sepi hihihi.. Di Mall lain sepertinya nggak ada.

Al-Baik yang dekat Masjid Nabawi
Nah, kalau umroh, bisa beli yang di dekat masjid Nabaw. Tapi deketnya ya lumayan jalan kakinya karena masjid nabawi besar dan posisinya di depan masjid, depan jalan raya. Sedangkan kalau kita sholat kan di belakang masjid. Jadi perjuangan jalan kaki ke sana. Ckckck memang perjuangan kalau mau beli ini. Kalau tidak salah yang lantai 1 khusus untuk laki-laki. Untuk keluarga/perempuan di lantai 2.

Sepertinya bakal kangen ayam ini nanti.. Semoga aja hanya kangen biasa, yang repot kalau sampai ngidam kan... hehehe..

Yaa itulah cerita tentang restoran 1 ini.. Ini bukan endorse dari al-Baik ya hiks hiks hiks.. Nggak perlu di endorse-endorse lagi, ngantrinya sudah seperti antri sembako..

Ada yang suka Al-Baik juga? Ditunggu kesannya yaa..




0 Orang Komen:

Posting Komentar

Thank you for your comment! Terima kasih sudah membaca dan juga komentarnya yang meramaikan blog ini 😊 (Yang belum punya akun blog, bisa pilih 'anonim' untuk berkomentar dan jangan lupa sertakan nama ya 💐