Eksperimen Buat Crochet Cardigan






Musim dingin memohon diri. Musim panas pun terbit. Saatnya mengemas baju-baju musim dingin agar tak memenuhi lemari. Sayang, jaket Hanin baru dipakai beberapa kali. Uminya sih, yang telat beli.. hehe..

Pengen buat cardigan rajut untuk Hanin untuk musim panas ini. Saat Hanin lahir (atau sebelumnya ya?) salah satu keluargaku membelikanku banyak benang. Katanya untukku membuatkan Hanin baju. Senangnyaa dapat benang. Terima kasih kak Munirah.. tetapi sampai Hanin memasuki umur 2 tahun 5 bulan benang-benang itu tak menjadi apa-apa untuk Hanin hiks.. Kelamaan mikir model, nunggu mood yang nggak jelas, dan malas sepertinya termasuk faktornya juga.


Ini dia benangnya,, benang Katun
Akhirnya, memasuki musim panas kemarin, mood dan semangat muncul tiba-tiba. Cari inspirasi di pinterest, akhirnya nemu model yang sepertinya dapat diterka cara buatnya. Ya, empunya foto tak memberikan polanya. Hanya beberapa foto step-by-step. Jadi bolak-balik lihat fotonya deh hehe.

Ini dia yang kutemui di pinterest

aku kolase fotonya, sumber pinterest, blog demismanostejidos.blogspot.com
Dulu, aku sempat penasaran bagaimana cara merajut cardigan yang ngerajutnya melingkar dan tau-tau ada lengan di tengah-tengah lingkaran. Mungkin ini sebabnya pas liat model ini di pinterest langsung excited sekali pengen langsung coba. Ternyata gitu tho polanya.. Sayangnya nggak ada pola tulisan. Jadi bermodalkan foto yang ada, bereksperimen ria deh dengan jarum dan benang. 

Semangat ini munculnya mendekati jam 12 malam ckckck.. Akhirnya tetap rajut terus pantang tiduuuuur..

Jadi pertama ngerajut bentuk segi lima. Aku ukur panjang sisi segi limanya dengan lebar punggung hanin. 

segi lima, panjang sisi sepanjang lebar punggung

Setelah selebar punggung Hanin, aku mulai membuat lengan dengan menambahkan rantai Setelah itu, lanjut lagi rajut melingkar, melingkari segi lima dan lubang lengan. 

membuat lengan


Lalu lanjut dengan shell stitch semua dan semakin lebar dengan penambahan rantai dan memperlebar ukuran shell stitch. Dibaris terakhir, aku ganti benang dengan warna putih.

Dilanjutkan dengan shell stitch

Setelah itu, membuat lengan. Hmm aku sempat bongkar pasang membuat lengan ini hehe.  Bingung. Lengan juga menggunakan shell stitch dan baris terakhir ganti benang putih.

membuat lengan dengan shell stitch

Setelah itu, membuat tali di depan. Buat rantai saja dan diujung buat beberapa double crochet.

membuat tali

 Daan jadiii Alhamdulillah ^^

Depan

Belakang
Namun sepertinya ada yang salah perkiraan. Kalau dipakai, bagian belakang agak ngembung hehehe.. Males ngulang hiks.. Tak apa lah yang penting jadi hehehe..

Maaf yaa teman-teman nggak ada polanya.. Entah kapan sempatnya kalau mau nulis pola. Tapi semoga dengan foto-foto yang ada ini bisa menginspirasi para perajut yang lainnya. Selamat bereksperimen dengan benang 💪

0 Orang Komen:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca dan juga komentarnya yang meramaikan blog ini 😊 (Yang belum punya akun blog, bisa pilih 'anonim' untuk berkomentar